Lab Kasai Osaka University

Dari PaloDozen

Lab Kasai di Osaka University adalah lab yang fokus pada pengembangan teknologi mutakhir di bidang material dan energi masa depan.

Fasilitas Komputasi Kinerja Tinggi

Untuk menunjang penelitiannya, di lab ini, telah ada 3 generasi Komputasi Kinerja Tinggi. Generasi pertama masih menggunakan PC biasa. Pada generasi kedua, barulah digunakan sistem rak (rack-system) sehingga kepadatannya cukup tinggi. Generasi ketiga mulai menggunakan vector komputer.

Sistem kluster generasi kedua (diberi nama Sakura) mengadaptasi arsitektur klasik Linux beowulf, terdiri atas:

  • 2 head node, dikonfigurasi sebagai high availabiliy system. Pada master node, pemakai bisa login untuk mengirimkan pekerjaan (job) untuk dijadwalkan ke kluster. Sementara itu slave node menjadi selalu menyalin kondisi master, dan siap menggantikan apabila master mengalami gangguan. Kedua node ini juga sekaligus menjadi tempat penyimpanan dengan kapasitas 2 TB.
  • 64 compute node, masing masing memiliki CPU Xeon Dual Core, RAM 4 GB, dan Harddisk 50 GB.
  • Untuk menghubungkan head node ke compute-node, digunakan 4 buah Giga byte ethernet switch. Dengan demikian, satu switch hanya terhubung ke 18 node (16 compute node dan 2 head node), sehingga membatasi kejenuhan bandwith-nya.


Kluster Sakura Berkas:Kasai-Arsitektur_Kluster_Sakura.png

Kerjasama

Lab Kasai menjalin kerja sama dengan Teknik Fisika ITB dalam bidang komputasi material. Beberapa bentuk kegiatan nyata adalah:

  • Penelitian
  • Seminar
  • Pengiriman mahasiswa

Berkas:Kasai_Lab_2009.jpg


Kontributor: Mursito