High Performance Low Cost Cluster Computing System

Dari PaloDozen

Judul High Performance Low Cost Cluster Computing System Untuk Komputasi Material & Optimisasi Menggunakan Open Source Software
Peneliti Utama Hermawan K. Dipojono
Peneliti Eko M. Budi, Estiyanti Ekawati

Abstrak

Penelitian ini pengembangan suatu sistem komputasi kinerja tinggi (KKT), dimana beberapa komputer digabungkan oleh jaringan untuk membentuk suatu kluster. Dengan arsitektur tersebut, perangkat lunak yang berat bisa dieksekusi secara paralel sehingga waktu komputasinya menjadi pendek. Keunggulan teknologi yang ditawarkan antara lain:

  • Dibangun menggunakan perangkat keras rendah biaya dan perangkat lunak open-source.
  • Arsitektur kluster menggunakan topologi bus-ganda atau pohon. Istimewanya, sistem dapat berganti topologi tanpa perlu mengubah perkabelan dengan memanfaatkan fasilitas Virtual Private Network (VPN) pada switch modern..
  • Dirancang modular, sehingga fleksibel untuk diperluas. Pada tahun pertama telah dibangun kluster berbasis komputer CPU multicore. Pada tahun kedua diperluas dengan 6 komputer CPU+GPU.

KKT yang dibangun akan diaplikasikan untuk komputasi sains dan rekayasa yang penting bagi kemajuan teknologi maupun ekonomi Indonesia , yaitu :

  • Komputasi Rancang Bangun Material dan Rekayasa Kuantum (Computational Material Design and Quantum Engineering), digunakan dalam pencarian material fungsional baru untuk tujuan pengembangan energi baru dan terbarukan.
  • Simulasi dan optimasi Dynamic Operability Framework, digunakan optimisasi konfigurasi sistem dan kontrol proses industri.

Luaran utama dari penelitian ini adalah:

  1. Prototipe KKT yang diharapkan dapat menjadi simpul layanan komputasi paralel untuk kepentingan sains dan teknologi di Indonesia,
  2. Perangkat lunak open source untuk komputasi paralel yang dilengkapi dengan pustaka simulasi dan optimasi
  3. Penyebarluasan penguasaan teknologi komputasi berbasis open source untuk sistem-sistem kompleks dalam rancang bangun material, rekayasa kuantum, dan optimasi dynamic operability framework.

Tersedianya ketiga luaran tersebut akan membuka jalan bagi komputasi intensif di bidang aplikasi yang lain seperti simulasi pengembangan kota, optimasi transportasi, optimasi distribusi BBM, simulasi cuaca, maupun sebagai dukungan bagi para pengambil keputusan. Dengan demikian, hasil penelitian ini mempunyai prospek pemanfaatan yang tinggi bagi berbagai universitas, lembaga penelitian, industri, maupun pemerintah.

Dari segi kerjasama, penelitian ini merupakan kolaborasi tiga keahlian yang berkembang di Fakultas Teknologi Industri ITB, yaitu komputasi material, optimasi proses industri dan sistem komputasi industri. Penelitian ini juga bekerja sama dengan Universitas OSAKA Jepang dan TU Delft Belanda.


Kontributor: Mursito