Analisis Disipasi Termal Sistem Kluster TF

Dari PaloDozen

Abstrak

Operasi numerikal komputasional yang intensif memerlukan dukungan sistem komputer yang mampu mengeksekusi perintah yang diberikan secara cepat. Salah satu sistem komputer tersebut adalah sistem kluster, yaitu gabungan dari beberapa komputer yang tersimpan dalam suatu rak tertutup, yang dapat mengeksekusi perintah secara paralel sehingga waktu eksekusi menjadi lebih cepat. Sistem komputer seperti ini akan mengeluarkan daya disipasi yang besar, sehingga dalam pengoperasiannya memerlukan pendinginan yang sesuai. Proses pendinginan dapat dilakukan secara konduksi dan konveksi alami dengan menggunakan penukar kalor atau dapat secara konveksi paksa, yaitu dengan penggunaan kipas.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kondisi termal yang lebih baik di dalam rak. Dalam penelitian ini dilakukan pengambilan data suhu dan beban kerja kluster, kemudian menggunakan perangkat lunak OpenFOAM 1.6 untuk melakukan simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics) mengenai kondisi aliran udara dan distribusi suhu di dalam rak. Tahap penelitian dilanjutkan dengan rekayasa aliran udara di dalam rak dengan menggunakan delapan buah kipas yang dipasang dengan konfigurasi tertentu. Hasilnya, dengan konfigurasi empat buah kipas dipasang di tiap sudut atap rak dan empat kipas lainnya terpusat pada bagian tengah dari dasar rak, suhu processor dapat mengalami penurunan hingga 5 derajat C.


Kata kunci: kluster hibrid, disipasi termal

Bibliography: Alex C. Budiman, Wisnu Hendrajit, Eko Mursito Budi, Analisis Disipasi Termal Sistem Kluster Teknik Fisika ITB, Makalah Tugas Akhir S1 Teknik Fisika ITB, 2010

Makalah: Berkas:Analisis Disipasi Termal.pdf


Kontributor: Mursito